Berita

Kontak


Alamat :

Jln.Moh Thaib Mopili No.284 Desa Moluo Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara Kode Pos 96252

Telepon :

(0442) 310139 - 081315744679

Fax :

yotube : OSIS SMANSA GORUT

Email :

smansagorut@yahoo.co.id

Website :

www.smanegeri1gorut.sch.id

Media Sosial :


Banner



PENGUMUMAN UN



PPDB ONLINE



PENYUSUNAN RKT DAN RKS SMA NEGERI 1 GORONTALO UTARA TAHUN PELAJARAN 2025 / 2026


Kegiatan : 18 Juli 2025

Pemateri : Ibu Hj. Maharita Usman, S.Pd, M.Si. Selaku Kepala SMA Negeri 1 Gorontalo Utara. Menyampaikan Penyusunan RKT (Rencana Kerja Tahunan) dan RKAS (Rencana Kerja dan Anggaran Sekolah) adalah dua dokumen penting yang saling berkaitan dalam pengelolaan sebuah sekolah. RKT berisi rencana kegiatan sekolah selama satu tahun, sementara RKAS merupakan penjabaran dari RKT yang juga mencakup anggaran untuk melaksanakan kegiatan tersebut. 

Penyusunan RKT (Rencana Kerja Tahunan) dan RKAS (Rencana Kerja dan Anggaran Sekolah) berbasis Rapor Pendidikan adalah kegiatan yang dilakukan oleh sekolah untuk merencanakan kegiatan pembelajaran dan anggaran keuangan berdasarkan hasil evaluasi rapor Pendidikan.

Rapor Pendidikan adalah platform yang menyediakan data laporan hasil evaluasi sistem pendidikan sebagai penyempurnaan rapor mutu sebelumnya. Kebijakan evaluasi sistem pendidikan yang baru lebih menekankan pada orientasi terhadap mutu pendidikan dan sistem yang terintegrasi.

Rapor Pendidikan menampilkan data kualitas satuan pendidikan atau daerah yang didapat dari berbagai asesmen atau survei nasional. Sebagai bentuk penyempurnaan dari Rapor Mutu, Rapor Pendidikan diharapkan bisa menjadi acuan untuk mengindentifikasi, merefleksi, dan membenahi kualitas pendidikan Indonesia secara menyeluruh.

Penyusunan RKT dan RKAS yang baik akan membantu sekolah dalam mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan, mengelola sumber daya secara efektif, dan meningkatkan kualitas pendidikan secara berkelanjutan. 

Penting untuk menciptakan kolaborasi yang baik antara semua pihak terlibat agar RKT dan RKAS dapat menjadi pedoman yang efektif untuk mencapai tujuan pendidikan.