
WORKSHOP PENINGKATAN KOMPTENSI GURU DALAM PENYUSUNAN PERANGKAT DAN ASESMEN PEMBELAJARAN SMA NEGERI 1 GORONTALO UTARA
Pemateri H. Hamkah Manopo, M.Pd
19 Juli 2024, Di Hotel Fox Kota Gorontalo
ANALISIS CAPAIAN PEMBELAJARAN DALAM KONTEKS MERDEKA BELAJAR
Pengantar
Analisis capaian pembelajaran dalam konteks Kurikulum
Merdeka memerlukan pemahaman yang mendalam tentang prinsip-prinsip dasar
kurikulum, serta bagaimana penerapannya. Kurikulum Merdeka merupakan salah satu
upaya pemerintah Indonesia untuk memberikan fleksibilitas lebih dalam proses
pembelajaran, dengan fokus pada pengembangan kompetensi siswa secara holistik.
1. Tujuan dan Fokus Kurikulum Merdeka
Peningkatan Kompetensi Dasar: Kurikulum ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dasar seperti literasi dan numerasi, serta keterampilan berpikir kritis, kreatif, dan kolaboratif, Pengembangan Karakter: Fokus pada pengembangan karakter siswa melalui pendidikan berbasis nilai dan moral. Pendidikan yang Relevan: Menekankan relevansi pendidikan dengan kehidupan nyata dan kebutuhan masa depan
2. Struktur dan Implementasi
Fleksibilitas dalam Pembelajaran: Guru diberi kebebasan untuk merancang pembelajaran yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan siswa, Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5): Pembelajaran berbasis proyek yang bertujuan untuk mengembangkan profil pelajar Pancasila, Penilaian Otentik: Penilaian lebih menekankan pada proses dan hasil belajar siswa secara menyeluruh, bukan hanya nilai akhir.
3. Metode Pembelajaran
Pembelajaran Berbasis Proyek: Siswa dilibatkan dalam proyek-proyek yang relevan dengan kehidupan nyata. Pembelajaran Berbasis Masalah: Siswa didorong untuk menyelesaikan masalah-masalah nyata sebagai bagian dari proses belajar. Pembelajaran Diferensiasi: Pembelajaran disesuaikan dengan kebutuhan dan potensi masing-masing siswa.
4. Capaian Pembelajaran
Kognitif: Meliputi pengetahuan dan keterampilan akademik, Afektif: Meliputi sikap dan nilai-nilai yang dikembangkan melalui pembelajaran, Psikomotorik: Meliputi keterampilan fisik dan motorik yang diperoleh siswa, Profil Pelajar Pancasila: Mengukur sejauh mana siswa mengembangkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
5. Tantangan dan Solusi
Kesiapan Guru: Mengidentifikasi kebutuhan pelatihan dan pengembangan profesional bagi guru. Fasilitas dan Infrastruktur: Menilai ketersediaan sarana dan prasarana yang mendukung implementasi kurikulum, Partisipasi Orang Tua dan Masyarakat: Melibatkan orang tua dan masyarakat dalam proses pembelajaran untuk mendukung perkembangan siswa.
6. Evaluasi dan Monitoring
Penilaian Berkelanjutan: Menggunakan berbagai metode penilaian untuk memonitor perkembangan siswa secara berkelanjutan. Refleksi dan Perbaikan: Melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran dan melakukan perbaikan yang diperlukan berdasarkan hasil evaluasi.
# Beberapa Poin Penting yang perlu diingat terkait analisis
Capaian Pembelajaran, antara lain:
Mengidentifikasi Kekuatan dan Kelemahan:
Meningkatkan Kualitas Pengajaran
Menyesuaikan Kurikulum
Memberikan Umpan Balik
Pengambilan Keputusan Berdasarkan Data
Mendukung Pembelajaran Berkelanjutan
Secara keseluruhan, analisis capaian pembelajaran adalah
alat penting untuk memastikan bahwa tujuan pendidikan tercapai dan siswa
mendapatkan manfaat maksimal dari proses pembelajaran